Event

IPM Mamsaka Gelar Talent of Student

IPM Mamsaka menggelar kegiatan tahunan berupa Talent Of Student (ToS) yang diikuti dari berbagai lembaga SMP/MTs di sejumlah kabupaten, termasuk Lamongan, Tuban, dan Gresik, Rabu (22/11/23).

Ketua Panitia ToS Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Karangasem (Mamsaka) Paciran Lamongan Jawa Timur Muhammad A’alim Nuruddin Zaki dengan antusias menyampaikan ToS bukan sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan panggung bagi siswa tingkat SMP/MTs untuk mengasah dan menunjukkan bakat mereka.

“Kegiatan ini tidak hanya tentang meraih prestasi, tetapi juga membangun keterampilan dan kreativitas siswa dalam berbagai bidang. Untuk itu, kegiatan ini pantas dijadikan sebagai media bagi siswa untuk mengasah karakter-karakter tersebut,” ujarnya.

Dalam suasana persaingan yang sehat, ToS berhasil menciptakan atmosfer persaudaraan di antara peserta. Zaki menekankan selain menjadi ajang untuk bersaing, acara ini juga dirancang untuk mempererat silaturahmi di antara siswa yang memiliki minat dan potensi serupa. “Ini yang menjadi bagian penting yaitu mengeratkan silaturrahim antarsiswa dalam ajang kompetisi,” tekannya.

Sebagai suatu inovasi, lanjutnya, ToS tidak hanya berfokus pada kompetisi internal. ToS menjadi sarana untuk belajar kompetisi secara eksterbal bagi siswa

Dimensi Lebih Luas
Kepala Mamsaka Purwanto SPd menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki dimensi yang lebih luas. “ToS bukan hanya tentang kita, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa berkontribusi pada perkembangan pendidikan,” katanya.

Acara ini dianggap sebagai platform untuk memperkenalkan dan mempromosikan prestasi Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Paciran kepada lembaga-lembaga pendidikan lain di luar wilayahnya.

Tidak hanya memberikan ruang bagi perkembangan individu, ToS juga menciptakan ruang untuk kolaborasi antarlembaga. Melalui kompetisi ini, diharapkan terbentuk jejaring kerjasama yang dapat memajukan pendidikan.

Adapun jenis perlombaan ToS adalah sebagai berikut:

  1. Olimpiade Tahfidzul Quran (OTW), meliputi:

Olimpiade Tahfidh
Pidato Bahasa Arab
Kaligrafi
Qiro’ah/MTQ

  1. Kepanduan, meliputi:

Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBN)
Parade Semaphore
Pionering
Sandi Morse Semaphore (SMS)
Penulis Wahidul Qohar. Editor Ichwan Arif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Butuh Informasi, Hubungi Kami..!
Scan the code
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Apa yang bisa kami bantu?