Kegiatan

Bentuk Karakter Spiritual, Siswa Mamsaka Ujian Tahfidh 3 Juz

Siswa kelas 12 Mamsaka sedang bermurojaah sambil menunggu giliran setoran ujian tahfidh (Wahidul Qohar)

Mamsaka- Bentuk karakter spiritual, siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Karangasem (Mamsaka) Paciran Lamongan Jawa Timur menggelar Ujian Tahfidh 3 Juz bagi kelas XII sebagai salah satu syarat kelulusan selama 1 pekan, 27 Januari-1 Februari 2024.

Ujian yang dilaksanakan ini merupakan menetapkan standar tinggi dengan meminta setiap siswa untuk menghafal minimal 3 juz al-Quran sebagai bagian integral dari kurikulum tahfidh di sekolah.

Siswa menjalani persiapan intensif selama beberapa bulan terakhir, menghadapi tantangan untuk mencapai target setoran hafalan yang ditentukan. Ujian tahfidh di Mamsaka bukan hanya sekadar evaluasi akademis, tetapi juga menjadi bentuk komitmen terhadap pembentukan karakter dan spiritual siswa.

Kepala Mamsaka, Purmanto SPd menyatakan bahwa tahfidh bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga sebagai bagian integral dari identitas Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam. Ini adalah program unggulan Mamsaka.

“Ujian tahfidh kelas XII menjadi langkah nyata dalam mencetak generasi yang tidak hanya berilmu, tetapi juga memiliki kekuatan spiritual yang kokoh,” ungkapnya.

lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa setiap siswa akan diuji tidak hanya pada tingkat hafalan, tetapi juga dalam pemahaman mereka terhadap nilai-nilai al-Quran yang dihafalnya.

“Selain itu, ujian ini mencakup aspek wawancara, di mana siswa dapat berbagi pengalaman dan pemahaman mereka terhadap proses belajar menghafal al-Quran,” katanya.

Orangtua siswa memberikan dukungan penuh terhadap agenda ujian tahfidh ini. Salah satu wali siswa Siti Nur Janah mengakui adanya nilai-nilai positif yang ditanamkan dalam proses pembelajaran tahfidz.

“Kita bisa menyaksikan perubahan positif dalam sikap dan perilaku anak-anak, seiring dengan kemajuan dalam menghafal al-Quran,” ungkap wali siswa kelas XII tersebut.

Dengan penuh semangat, siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Karangasem menghadapi ujian tahfidh kelas XII ini sebagai langkah terakhir mereka menuju kelulusan. Agenda ini tidak hanya menciptakan siswa yang hafal al-Quran, tetapi juga membentuk pribadi yang memiliki integritas, keberanian, dan cinta akan nilai-nilai Islam.

sumber: https://pwmu.co/338553/02/02/bentuk-karakter-spiritual-siswa-mamsaka-ujian-tahfidh-3-juz/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Butuh Informasi, Hubungi Kami..!
Scan the code
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Apa yang bisa kami bantu?