Postingan Populer

Struktur Organisasi



STRUKTUR ORGANISASI
MA. MUHAMMADIYAH 1 PACIRAN LAMONGAN
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
                                                                                                                                                                                   

    RINCIAN TUGAS DAN FUNGSI
PELAKSANAAN KEGIATAN AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK
MADRASAH ALIYAH (MA) MUHAMMADIYAH 1 PACIRAN
TAHUN PELAJARAN 2017-2018

A.   Kepala Madrasah
  1. Melaksanakan Kegiatan Rutin Pengelolaan Kelas
a.       Kegiatan Harian, antara lain:
·         Datang lebih awal untuk memonitor kebersihan lingkungan madrasah;
·         Memonitor kehadiran guru dan karyawan;
·   Memonitor dan mengikuti kegiatan Do’a Bersama setiap pagi di halaman madrasah;
·         Memantau kelancaran kegiatan belajar mengajar;
·  Memantau kinerja para tenaga administrasi (tata usaha/dan pembantu karyawan);
·         Melaksanakan survesi akademis dan survesi klinis;
·         Memeriksa agenda madrasah;
·         Membaca surat-surat yang masuk dan menandatangani surat keluar;
·         Mendisposisi surat-surat yang masuk;
·         Ikut membantu mengonsep surat-surat keluar;
·   Menyelesaikan hambatan proses belajar mengajar terutama pada jam-jam pelajaran yang kebetulan guru mata pelajaran absen bersama guru piket, Wakamad;
·         Menyelesaikan kasus-kasus murid-murid yang timbul pada saat itu, atau yang telah lampau bersama guru bimbingan konseling;
·         Mencegah perbuatan-perbuatan negatif yang mungkin timbul.
b.      Kegiatan Mingguan, antara lain:
·         Mengadakan sepervisi kelas;
·         Mengadakan supervisi BP/BK;
·   Meningkatkan pengaturan tentang penerimaan dan pengeluaran keuangan madrasah;
·         Mengawasi pengaturan pengadaan penyimpanan dan penyaluran barang;
·         Memeriksa dan merekapitulasi absensi guru dan pegawai;
·         Menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi pada setiap mingggunya;
·         Melaksanakan komunikasi secara lisan atau tertulis baik di lingkungan sendiri maupun pihak luar;
·         Melaksanakan pemantuan Program Green School.
c.       Kegiatan Bulanan, antara lain:
·  Mengontrol kelancaran pelaksanaan pembayaran gaji pegawai tetap dan honorarium Guru dan Pegawai tidak tetap;
·         Mengontrol pemasukan madrasah dari para siswa
·         Mengadakan pemeriksaan umum terhadap:
a.       administrasi kelas;
b.      rekapitulasi absensi guru, pegawai dan siswa;
c.       memonitor evaluasi, target kurikulum, daya serap, program perbaikan dan pengayaan;
·         Meneliti grafik daya serap siswa dari setiap guru mata pelajaran;
·         Melakukan tindak lanjut:
a.       Bimbingan dan konseling,
b.      Tata tertib siswa,
c.       Program 7 K
·         Mengevaluasi persediaan dan penggunaan, alat, bahan praktikum dan ATK;
·         Mengevaluasi SPJ Kepala Madrasah;
·         Mengadakan evaluasi hasil kegiatan harian, mingguan dan bulanan;
·   Membuat analisis realisasi aktivitas guru, murid atau siswa dan pegawai madrasah;
·         Melaksanakan penelitian tindakan kelas;
·         Menyelesaikan administrasi mutasi murid atau siswa dan guru.
d.      Kegiatan Akhir Semester, antara lain:
·         Mengadakan ulangan umum akhir semester;
·         Mengadakan pembagian rapor akhir semester;
·         Memantau pengisian buku induk dan klepper siswa;
·         Mengadakan persiapan KBM semester berikutnya;
·   Mengontrol, memperbaiki dan mengadakan perawatan preventif terhadap sarana atau prasarana madrasah;
·         Menyusun program Penerimaan Siswa Baru (PSB);
·         Membuat laporan akhir semester.
e.       Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran
·         Melaksanakan Ujian Nasional;
·         Melaksanakan kegiatan Ulangan akhir semester genap dan kenaikan kelas;
·         Mengadakan persiapan tahun baru;
·         Melaksanakan program Penerimaan siswa Baru (PSB);
· Memantau atau memonitor dan memikirkan pemenuhan kebutuhan perlengkapan sarana madrasah;
·         Mengadakan pembinaan kemampuan profesional guru dan pegawai;
·         Laporan pertanggungjawaban kepada orang tua;
·         Melaksanakan Wisuda untuk siswa yang dinyatakan lulus.
·         Mengawasi dan mengevaluasi kegiatan pendidikan yang meliputi:
a.              perencanaan dan pembinaan kegiatan pendidikan;
b.             pengorganisasian dan pengkoordinasian kegiatan pendidikan;
·         Membuat laporan kepada atasan langsung.

B.   Komite Madrasah
Keberadaan Komite Madrasah harus bertumpu pada landasan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan hasil pendidikan di madrasah. Oleh karena itu, pembentukannya harus memperhati pembagian peran sesuai posisi dan otonomi yang ada. Adapun peran yang dijalankan Komite Madrasah adalah sebagai berikut:
1.    Pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan.
2. Pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam menyelenggarakan pendidikan di satuan pendidikan.
3. Pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaran dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan.
4.    Mediator antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan.

C.    Wakil Kepala Madrasah
  1. Wakil Kepala Urusan Kurikulum
a.       Menyusun program yang terkait dengan proses kegiatn belajar mengajar
b.      Menyusun kalender pendidikan khusus madrasah
c.       Membuat format-format KBM
d.      Menyusun pembagian tugas mengajar guru
e.       Menyusun daftar piket guru
f.        Menyusun daftar guru yang diberi tugas sebagai wali kelas
g.       Menyusun jadwal pelajaran
h.      Menyusun jadwal kegiatan evaluasi yang meliputi :
·         Ulangan Harian
·         Ualangan Blok/Semester
·         Ujian Nasional
i.         Menghimpun hasil kerja guru yang terdiri-dari :
·         Program tahunan
·         Program semester
·         RPP
·         Wahana Pembelajaran (Modul, LKS dll)
·         Grafik Ulangan Harian
·         Laporan target kurikulum, daya serap
·         Kisi-kisi dan Kartu Soal
j.         Mengkoordinasi dan menyerahkan hasil penyusunan perangkat mengajar guru
k.       Menyusun laporan kegiatan belajar mengajar
l.         Membina dan mengatur kegiatan MGMP
m.    Menyusun laporan kegiatan MGMP
n.      Melaksanakan pemilihan guru teladan
o.      Mengkoordinasikan pelaksanaan tambahan pelajaran atau bimbingan intensif
p.      Membuat laporan kegiatan

  1. Wakil kepala Urusan Kesiswaan
a.       Bersama pengurus IPM, menyusun program kegiatan kesiswaan atau IPM
b.      Membinan kemampuan berorganisasi melalui prinsip-prinsip manajemen
c.       Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa
d.      Menegakkan disiplin dan tata tertib madrasah
e.       Mengadakan pembinaan dalam pemilihan pengurus IPM
f.        Menyusun program dan jadwal pembinaan terhadap pengurus IPM
g.       Membina dan melaksanakan koordinasi program Green School
h.      Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan
i.         Melaksanakan pemilihan calon siswa penerimaan beasiswa
j.    Mengadakan seleksi siswa untuk mewakili madrasah dalam kegiatan di luar madrasah
k.       Membantu madrasah dalam penerimaan siswa baru
l.         Menyusun program kegiatan ektrakurikuler
m.    Mengevaluasi kegiatan ekstra kurikuler
n.      Mengevaluasi kegiatan kesiswaan
o.      Mengatur pelaksanaan upacara bendera
p.      Merencanakan program pembinaan mingguan (setiap hari sabtu)
q.      Membuat laporan kegiatan

  1. Direktur Tahfiz
a.       Mendata kebutuhan tahfiz yang diperlukan
b.      Membantu dan memonitor kegiatan tahfiz dikelas
c.       Menyusun program kerja tahfiz termasuk kegiatan murojaah
d.      Membuat laporan kegiatan Tahfiz
e.   Mengadakan koordinasi dengan yayasan terkait seleksi dan pelaksanaan Dauroh Tahfiz

D.   Kepala Tata Usaha/ Administrasi
1.      Menyusun program tata usaha Madrasah
2.      Mengurus administrasi ketenagaan dan siswa
3.      Membina dan mengembangkan karir pegawai tata usaha madrasah
4.      Menyusun administrasi perlengkapan madrasah
5.      Menyusun dan menyajikan data/statistik madrasah
6.      Mengkoordinasikan dan melaksanakan “6 K” bersama Wakasek Urusan Kesiswaan dan Urusan Sarana dan Prasarana
7.      Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
8.      Pengisian Buku Induk Pegawai
9.      Pengumpulan file-file dari masing-masing pegawai
10.  Mengarsipan Biodata pegawai
11.  Penyusuna DUK dan lain-lain
12.  Membuat izin cuti dan pengisian kartu cuti pegawai
13.   Membuat usul kenaikan pangkat, gaji berkala, taspen, askes, karir dan lain-lain yang berhubungan dengan pegawai
14.  Membuat surat-surat tugas guru, semester, tugas pembina, wakasek, wali kelas, piket dan lain-lain
15.  Membuat laporan bulanan
16.  Membantu pengetikan blanko-blanko yang diperlukan kurikulum
E.    Wali Kelas
Sebagai Supervisor:
a.       sebagai pengganti orang tua dan Kepala Madrasah dikelasnya
b.      merencanakan kegiatan secara kooperatif dengan murid kelas yang diasuhnya
c.       mengawasi pemilihan ketua kelas, perwakilan kelas serta pemilihanpemilihan yang lain sekaligus mengukuhkan pengangkatan dilaporkan kepada kepala madrasah
d.      mengorganisasikan dan memberi pengarahan terhadap murid dalam rangka melaksanakan kegiatan belajar mengajar (intra kurikuler) dan ekstra kurikuler
e.       mengetahui dan mengadakan pembinaan secara rutin terhadap kesulitan-kesulitan murid kelasnya antara lain kesulitan :
f.        Dalam belajar
g.  Hubungan antar teman
h.  Hubungan dengan orang tua
i.    Hubungan dengan masyarakat sekitar
j.    Kehidupan sosial
f.        Membuat program pembinaan mingguan yang melaksanakan setiap hari sabtu
g.       Mengembangkan dan membina kepemimpinan dan tanggung jawab, sehingga murid dapat :
·     Mengatasi kesulitan sendiri
·     Mengambil keputusan yang tepat atas tanggung jawab sendiri
·     Berdiri sendiri/ mandiri
h.      Mengetahui kerawanan kelasnya berdasarkan data yang ada dan cepat dapat mengawasi kerawanan tersebut
i.         Dapat bekerjasama dengan BK (bimbingan konseling) dalam rangka mengawasi agar BK ikut membantu menangani kasus murid
j.         Selalu menjaga tata tertib siswa dan bekerjasama dengan pembina tatib
k.       Melaksanakan acara silaturrahmi dengan orang tua siswa
l.         Selalu hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan siswa-siswanya.
Sebagai administrator:
a.       mengadakan pencatatan secara rutin terhadap pribadi murid tentang:
·       Jumlah murid dalam kelasnya
·       Nama dan umur
·       Alamat rumah
·       Nama dan pekerjaan orang tua
·       Kelebihan dan keistimewaan
·       Kekurangan/ kelemahan
·       Kegemaran/ hobby
b.      Membuat peta kedudukan murid dalam kelas setiap semester /tahun yang meliputi :
·         Peta presensi /absebsi : nama murid yang tidak pernah absen, nama murid yang sering absen
·         Peta pelanggaran tata tertib : Nama murid, Jenis pelanggaran,  Tempat pelanggaran
·         Peta presentasi belajar: Nama murid yang berprestasi terbaik, Nama murid yang berprestasi baik, Nama murid yang berprestasi sedang
c.       Memahami 18 langkah kepemimpinan:
·         mengetahui tugas pokoknya
·         mewakili orang tua dan kepala madrasah dalam lingkungan kelasnya
·         meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·         membantu pengembangan kecerdasann
·         membantu pengembangan keterampilan
·         Mempertinggi budi pekerti dan memperkuat kepribadian
·         Meningkatkan daya estetika anak didik khususnya dalam bidang kebersihan, keindahan dan kreasi seni
·         Mengetahui jumlah anak didiknya
·         Mengatahui nama anak didiknya
·         Mengatahui identitas anak didiknya
·         Mengatahui kehadiran anak didiknya setiap hari dikelas
·         Mengatahui kehadiran anak didiknya yang meliputi ekonomi, sosial dan lain-lain
·         Mengadakan penilaian terhadap anak didiknya tentang kelakukan dan kerajinannya
·         Mengambil tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah
·         Memperhatikan Buku Raport, Kenaikan Kelas dan Ujian Nasional
·         Memperhatikan kesehatan dan kesejahtraan anak didiknya
·         Membina suasana kekeluargaan
·         Melaporkan hasil kegiatan kepada kepala madrasah
d.      Membantu kepala madrasah dalam kelancaran dan ketertiban pelaksanaan kegiatan-kegiatan madrasah baik rutin maupun insidental:
·         ikut membantu ketertiban pelaksanaan upacara bendera dengan membawa murid-muridnya ke tempat upacara bendera sebelum kegiatan upacara
·         selalu mendampingi murid-muridnya dalam kegiatan-kegiatan khusus misalnya : kegiatan-kegiatan OSIS, kegiatan-kegiatan karya ilmiah, dan kegiatan-kegiatan bakti sosial.
e.       Membantu kepala madrasah dalam hubungan dengan kerjasama antara madrasah dengan orang tua
f.        ikut membantu menyelesaikan masalah-masalah atau kesulitan siswa
g.       mengadakan kunjungan rumah apabila ada masalah-masalah khusus yang harus diselesaikan bersama orang tua

F.    Bendahara Rutin
1.      Mencatat dan mempertangungjawabkan arus masuk-keluar kas keuangan madrasah.
2.      Mengurus dan mempertanggungjawabkan dana insentif, BKM, dan dana-dana lain dari pihak luar.
3.      Membuat rekapitulasi dan laporan posisi keuangan harian.
4.      Membayar segala tunjangan jabatan dan fungsional.
5.      Membuat laporan berkala kepada Kepala Madrasah.


G.   Pengelolah Perpustakaan
1.      Membuat jadwal praktik untuk tiap kelas
2.      Menyusun laporan inventarisasi peralatan (Lab, Biologi, Kimia dan Fisika) dan melaporkan bila ada kebutuhan yang perlu dipenuhi kepada kepala madrasah
3.      Membuat tata tertib laboratorium
4.      Merencanakan pengadaan alat-alat dan bahan-bahan laboratorium IPA
5.      Bertanggung jawab atas kelancaran praktikum IPA
6.       Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium setiap semester.
7.      Mengkoordinasikan alat-alat laboratorium dan bahan praktikum dengan
8.      Mengatur kebersihan, pemeliharaan, perbaikan dan penyimpanan alat-alat/bahan-bahan kimia lab IPA
9.      Menyiapkan perangkat perlengkapan alat untuk praktik sesuai jadwal

H.   Pengelolah Laboratorium Komputer dan Sains/IPA
1.      Sebagai pengelola Laboratorium Komputer dan IPA:
a.      Membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan-kegiatan
b.      Merencanakan pengadaan alat dan bahan praktikum
c.       Mengatur dan membuat jadwal penggunaan laboratorium
d.      Membuat tata tertib penggunaan laboratorium
e.      Menyusun tugas-tugas laboratorium
f.        Mendata Frekuensi penggunaan laboratorium
g.      Melengkapi sarana pendukung laboratorium
2.      Menyiapkan buku-buku pendukung, diantaranya :
a.     buku inventaris
b.     buku laporan alat-alat yang rusak atau hilang
c.      tabel-tabel
d.     buku catatan hasil kegiatan
e.     LKS
3.      Membuat sturuktur organisasi laboratorium
4.      Mengadakan perawatan preventif terhadap alat-alat laboratorium
5.      Mengatur dan membuat jadwal penggunaan laboratorium
6.      Menginventarisasi dan mengadministrasi alat-alat dan bahan praktik
7.      Menyusun/ membuat laporan setiap akhir tahun pelajaran
8.      Membina petugas pelaksana laboratorium (laboran)

I.     Guru
1.      Perencanaan:
a.  memahami kurikulum Nasional yang berlaku
b.  memahami buku silabus
c.   mengerti dan mengahayati silabus yang ada
d.  merumuskan standar kompetensi dan kompetensi dasar
e.  melakukan Analisis Materi pelajaran (AMP)
f.    merumuskan dengan memperhatikan indikator, yaitu: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik.
g.  Menyusun program pembelajaran, yaitu: Analisis alokasi waktu, Analisis mata pelajaran (AMP), Program tahunan, Program semester (promes), Alat evaluasi, dan Rencana pengajaran
h.  Mengembangkan dan memilih bahan materi/ pelajaran, yaitu: Buku paket, Buku penunjang, Buku pegangan guru, LKS, dan Alat peraga pendidikan/ IT
i.    Memilih dan mengembangkan pendekatan, metode dan strategi pembelajaran yang meliputi: Urutan kegiatan pembelajaran, Metode penyajian, Media pembelajaran, RPP.
j.    Pengembangan atau menulis butir-butir soal secara sohih dan mengacu pada kriteria TPK dan dianalisis untuk disajikan bank soal dan perlu adanya: Kisi-kisi soal, Lembar soal, Lembar jawaban, dan Pedoman penilaian.
k.  Membuat jurnal/ buku harian kelengkapan administrasi yang meliputi : Agenda harian guru, Buku nilai siswa, Buku presensi siswa.
2.           Pelaksanaan KBM
a.       membuka KBM dengan tepat dan benar:
·         datang ke kelas tepat waktu
·         menenangkan siswa sebelum pelajaran dimulai
·         melakukan absensi memulai pelajaran dengan tenang dan pasti
·         memberitahukan topik /bahasan dan menuliskan tujuan
·         melakukan apersepsi
·         identifikasi kemampuan awal
·         mengajukan pertanyaan awal
·         memberikan motifasi
b.      penyajian bahan pelajaran secara prinsip dan interactive learning, yaitu :
·         sesuai dengan urutan materi
·         menguasai materi pelajaran
·         memilih pendekatan dan metode dengan tepat
·         menggunakan media /alat peraga yang sesuai /cocok
·         partisipasi siswa aktif memberi penguatan secara rutin
·         memberi intruksi secara jelas dan singkat
·         belajar berkeliling memeriksa partisipasi siswa
·         mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan masukan
·         menerapkan tekhnik bertanya
·         menatap siswa ketika berbicara
·         mengenal dan mengggunakan nama siswa
·         menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
·         memberikan pujian (reinforcement) memberikan bimbingan (guru sebagai pendidik)
·         sebagai fasilitator, selalu bersedia memahami keadaan siswa, tegas dan konsisten dalam memberikan sanksi, menyelesaikan masalah dengan cepat dan benar, berkeliling memberikan bimbingan
c.       menutup KBM dengan tepat waktu, membuat rangkuman dengan kesimpulan, membuat PR/ tugas dengan teratur dan terperogram serta memeriksa PR/ tugas yang diberikan, mengevaluasi proses belajar dengan :
·         daya serap
·         ketuntasan belajar
·         pengelolaan waktu
3.      Evaluasi Pengajaran
a.         membuat persiapan: a. lembar soal ulangan harian b. lembar jawab
b.       melaksanakan ulangan harian minimal 3 kali persemester
c.        pengawasan ulangan dengan teang dan tepat waktu
d.       pemeriksaan lembar jawaban penilaian menggunakan pedoman penilaian yang sudah ditetapkan, adil dan bijaksana
e.        melaporkan hasil ulangan dalam buku nilai dalam bentuk grafik daya serap
f.         mengadakan analisis butir soal untuk dijadikan bank soal
4.      Ikut membantu pelaksanaan ketertiban dan disiplin siswa:
a.        melaporkan kepada petugas tata tertib /wakil kepala madrasah apabila tertadapat kerawanan dikelasnya
b.       ikut memantau pelangaran disiplin siswa diantaranya pakaian seragam lokasi dan melaporkan pada petugas tata tertib
c.        tidak mengijinkan siswa masuk kelas jika sudah terlambat melebihi batas waktu yang sudah ditentukan
d.       ikut menindak siswa yang melanggar tata tertib madrasah sesuai ketetapan

J.     Guru BP/BK
  1. Tugas sebagai koordinator bimbingan konseling /BK:
a.       membuat perencanaan dalam bentuk program kegiatan bimbingan dan konseling
b.      mengkoordinasikan para guru pembimbing dalam : memasyarakatkan pelayanan bimbingan dan konseling, menyusun program, melaksanakan program, mengadministrasikan kegiatan-kegiatan bimbingan dan konseling - menilai program - mengadakan tindak lanjut mengusulkan kepada kepala madrasah dan mengusahakan terpenuhnya sarana dan prasana
c.       mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling kepada kepala madrasah
d.      mengadakan tes minat dan bakat
e.       secara priodik membuat laporan kegiatan kepada kepala madrasah
  1. Tugas-tugas Guru pembimbing:
a.       Memasyarakatkan kegiatan bimbingan dan konseling
b.      Merencanakan program bimbingan dan konseling
c.       Melaksanakan persiapan kegiatan bimbingan dan konseling
d.      Melaksanakan layanan bimbingan terhadap sejumlah siswa yang menjadi tanggungjawabnya minimal sejumlah 150 siswa yang meliputi 12 jenis layanan yaitu :
·         Layanan orientasi
·         Layanan informasi
·         Layanan penerapan /penyaluran
·         Layanan pembelajaran
·         Layanan konseling program
·         Layanan bimbingan kelompok
·         Layanan konselinmg kelompok
·         Kegiatan aplikasi instrumentasi
·         Kegiatan himpunan data
·         Kegiatan konfrensi kasus
·         Kegiatan kunungan rumah
·         Kegiatan alih tangan kasus
e.       Melaksanakan kegiatan penunjang bimbingan
f.        Menilai proses dan hasil kegiatan layanan bimbingan
g.       Menganalisasi hasil penilaian
h.      Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis penilaian
i.         Mengadministrasikan kegiatan bimbingan dan konseling secara priodik
j.         membuat laporan kegiatan memberikan saran dan pertimbangan
k.       kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar mengajar tentang lanjutan pendidikan data layanan pekerjaan yang sesuai
l.         Melaksanakan kunjungan rumah bagi siswa yang berkasus
m.    Membantu ppetugas tata tertib dalam memperoses siswa yang terlambat dan berkasus dalam kaitannya untuk memberi saran mengatasinya


Paciran, 17 Juli 2017
Kepala Madrasah,




NUR HIDAYATI, S.Ag, M.Pd
NBM. 1035322

0 komentar:

Post a Comment