KBM Outdoor, Tanam Mangrove di Pantai Lorena.

Reading Time: 2 minutes

Hari Kamis 7 Nov 2019, Seluruh Sekolah di Indonesia melaksanakan Sehari Belajar di Luar Kelas. MAM 1 karangasem bepartisipasi dengan mengisi acara tersebut dengan bersih – bersih Pantai dan Menanam mangrove di sekitar Pantai Lorena. 
Sebagai salah satu wujud dari pelestarian lingkungan, sebanyak 323 siswa hadir mengikuti kegiatan ini. Dari kelas X sampai kelas XII. Walaupun sempat menempuh perjalanan sekitar 1 km dari sekolah menuju pantai Lorena, mereka tetap antusias melaksanakan kegiatan ini.
Bpk Purwanto bersama siswa kelas XI MAM 1 Karangasem
Mirza Auliya’urrahman, Ketua Umum (kanan) MAM 1Karangasem, bersama temannya
Ada sebanyak 100 bibit mangrove yang ditanam kali ini. Sebelum menanam para siswa diminta untuk berkumpul di halaman MAM 1 Karangasem untuk diberikan pemahaman manfaat tanaman mangrove bagi lingkungan sekitar khususnya penduduk pesisir. Tanaman mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Baru setelah itu, seluruh siswa MA diarak ke pantai Lorena untuk menanam mangrove.
Dengan motivasi yang telah diberikan oleh Ibu Nur Hidayati selaku Kepala Sekolah dan Bpk. Purwanto selaku Waka Kurikulum , bahwa “Hal – Hal yang benar, maka lakukanlah”, para Siswa ini pun makin semangat dalam melakukan kebaikan.
Penghijauan juga merupakan pelestarian lingkungan dan merupakan salah satu wujud cinta bumi. Selain itu dapat membantu masyarakat di sekitar sini agar tidak terkena ombak, itu juga sangat memotivasi para siswa untuk melakukan penanaman pohon mangrove. 

“Selamatkan bumi untuk anak cucu kita. 
Karena kita ingin melestarikan pantai dari ancaman abrasi,”

Galeri On Facebook.
@Mam1karangasem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *